Header Ads

ads header

Breaking News

BAB V Adab Berilmu Pengetahuan


 Q.S. Āli Imrān (3): 190-191 tentang ciri-ciri orang yang berilmu
QS. al-Mujādalah [58]: 11 Etika Dalam Majlis Ilmu

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,

 

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka (ali Imran 190-191).

 

Tujuan dari ayat ini adalah sebagai pembuktian tauhid, keesaan, dan kekuasaan Allah Swt. Di mana, hukum-hukum alam yang melahirkan kebiasaan-kebiasaan, pada hakikatnya telah ditetapkan dan diatur oleh Allah Swt. Hal ini dipahami dengan adanya undangan kepada manusia untuk berpikir, karena sesungguhnya dalam penciptaan aneka benda angkasa seperti matahari, bulan, dan jutaan gugusan bintang–bintang yang terdapat di langit, atau dalam pengaturan sistem kerja langit yang sangat teliti, terdapat tanda-tanda kemahakuasaan Allah Swt. bagi orang-orang yang memiliki akal murni. Al-Qur’an memperkenalkan satu kategori lagi dalam dunia keilmuan yang terkait dengan kegiatan berfikir, yaitu Ulūl Albāb.

Ulūl Albāb adalah orang-orang yang memiliki akal yang murni sehingga tidak akan mengalami kerancuan dalam berfikir. Orang yang merenungkan tentang fenomena alam raya akan dapat sampai kepada bukti yang sangat nyata tentang keesaan dan kekuasaan Allah Swt.

Ibnu Katsir menyebutkan dalam tafsirnya bahwa kegiatan yang paling tinggi kualitasnya dari seorang manusia adalah berfikir. Sebab dengan berfikir, akan menunjukkan fungsi akal (‘aqliyah) manusia. Dengan aktifitas berfikir, manusia akan melahirkan beragam temuan yang merupakan bagian dari mengungkap rahasia keagungan ilmu Allah Swt, melalui fenomena alam.

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan. (al-mujadalah 11)

Ayat ini diturunkan pada hari Jum’at ketika Rasulullah berada di satu tempat yang sempit, dan menjadi kebiasaan bagi beliau memberikan tempat khusus buat para sahabat yang terlibat dalam perang Badar, karena besarnya jasa mereka. Ketika majelis tengah berlangsung, datanglah beberapa orang sahabat yang mengikuti perang Badar. Kemudian datang pula sahabat yang lainnya. Mereka yang baru dating memberi salam, dan Rasul serta sahabat menjawab salam tersebut. Tetapi mereka yang datang lebih dahulu (yang sudah duduk), tidak bergeser sedikitpun dari tempat duduknya, sehingga mereka yang baru dating berdiri terus. Maka Nabi memerintahkan kepada para sahabat lain yang tidak terlibat dalam perang Badar untuk mengambil tempat lain agar para sahabat yang berjasa itu duduk dekat Nabi. Perintah Nabi itu mengecilkan hati mereka yang disuruh berdiri, dan ini yang digunakan oleh kaum munafik untuk memecah belah dengan berkata: ”Katanya Muhammad berlaku adil, tetapi ternyata tidak.” Nabi Muhammad Saw. yang mendengar kritik itu bersabda: ”Allah merahmati siapa yang memberi kelapangan bagi saudaranya”. Kaum beriman segera menyambut tuntunan Nabi dan ayat di ataspun turun mengukuhkan perintah dan sabda Nabi itu.

Tidak ada komentar